About

Himatif FMIPA Unpad

Sebelum Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika terbentuk, para mahasiswa baru angkatan 2012 dan 2013 berada dalam Himpunan Mahasiswa Matematika bersama mahasiswa Program Studi Matematika. Keadaan ini tentunya membuat kebanyakan mahasiswa baru Teknik Informatika saat itu sedikit bingung dengan status keberadaan mereka sebagai mahasiswa S1 Teknik Informatika.

Selama hampir 2 tahun bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Matematika, kini S1 Teknik Informatika sudah mempunyai himpunan mereka sendiri. Kebutuhan naungan sebuah organisasi dalam suatu program studi inilah yang menjadi salah satu hal yang mendasari terbentuknya Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ini.

Keinginan dan kebutuhan dalam membentuk himpunan sendiri sebenarnya sudah sejak tahun pertama program studi ini didirikan, pada tahun pertama angkatan 2012 sudah mencoba mengajukan pembentukan himpunan namun harus menghadapi kendala birokrasi juga kesadaran akan sedikitnya pengalaman. Jadi mereka memutuskan himpunan akan dibentuk ditahun berikutnya dan agar dapat mempersiapkan lebih matang lagi segala hal yang dibutuhkan untuk mendirikan himpunan.

Angkatan 2012 melakukan koordinasi dengan angkatan 2013 dan mengadakan beberapa kali rapat musyawarah persiapan pembentukan himpunan, sehingga terbentuklah “Tim Perintis”, yang diketuai oleh Faishal Wahiduddin. Tugas dari Tim Perintis ini adalah mempersiapkan segala hal untuk berdirinya himpunan, termasuk pembuatan rancangan aturan – aturan yang disebut AD/ART untuk dibahas dalam Musyawarah Besar pembentukan himpunan.

Setelah semua hal telah dipersiapkan, akhirnya pada hari Minggu, 22 Desember 2013, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ( Himatif ) terbentuk dengan diselenggarakannya Musyawarah Besar I ( Mubes I ). Pada Mubes I ini menghasilkan AD/ART Himatif dan terpilihnya Faishal Wahiduddin sebagai ketua Himatif pertama.

Para Mahasiswa Teknik Informatika berharap semoga terbentuknya himpunan baru ini dapat menjadi himpunan yang kokoh baik sistem maupun anggotanya, dapat menampung aspirasi mahasiswa S1 Teknik Informatika, produktif, aktif, dan menggunakan kreativitas dalam setiap kegiatan sehingga dapat eksis baik didalam maupun diluar Unpad.