Dept. Agama

Departemen Agama

Departemen Agama merupakan pewujudan dari sikap mahasiswa yang peka akan pentingnya taat beragama dalam sebuah perhimpunan. Departemen ini mengurus berbagai hal yang terkait kegiatan keagamaan bagi anggota Himatif FMIPA Unpad.

Kepala Departemen : Naufal Nurfikri Alwan

Staff

  • Angga Kresnabayu
  • Fajar Adiyansyah Rahiq
  • Mohammad Gilang Akbar Hikmawan
  • Syafira Fitra Annisa

Tujuan :

Tujuan yang ingin dicapai yaitu terbentuknya anggota Himatif FMIPA Unpad yang taat beragama sehingga dapat menjadi contoh yang baik di masyarakat dan membawa nama baik Himatif FMIPA Unpad.

Visi:

Mewujudkan anggota Himatif FMIPA Unpad yang taat, aktif, rukun, mandiri, dan kritis dalam beragama serta saling menghormati antar sesama pemeluk agama dan mempererat tali silaturahmi sebagai bentuk toleransi sesama anggota Himatif FMIPA Unpad.

Misi:

  1. Mendorong anggota Himatif FMIPA Unpad untuk mengamalkan segala bentuk peribadatan sesuai dengan kepercayaannya, sebagai upaya untuk mewujudkan anggota Himatif FMIPA Unpad yang taat dalam beragama.
  2. Mengembangkan potensi dan meningkatkan keaktifan anggota Himatif Fmipa Unpad dengan mengadakan dan mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan Himatif FMIPA Unpad.
  3. Menjadikan anggota Himatif FMIPA Unpad rukun dalam beragama dengan saling menghargai antar sesama pemeluk agama.
  4. Mendorong anggota Himatif FMIPA Unpad untuk mandiri dalam beragama, yaitu melaksanakan perintah agama sesuai kesadaran diri sendiri.
  5. Menjadikan anggota Himatif FMIPA Unpad kritis dalam beragama, yaitu memiliki sikap tidak lekas percaya terhadap isu yang sedang berkembang, dan dapat menyikapi suatu masalah dengan bijak.
  6. Mengawasi segala bentuk komunitas keagamaan yang sah di lingkungan Himatif FMIPA Unpad dalam menjalankan aktifitasnya.

Proker Departemen Agama

Kilas (Kajian Islam Se-Himatif)

Mengkaji permasalahan terkini yang terjadi di masyarakat dalam sudut pandang Islam.

Iman (Informasi Keagamaan)

Memberikan informasi seputar keagamaan dan kegiatan-kegiatan rohani melalui mading, media sosial, dan media lainnya

Saham (Sedekah Anak Himatif)

Meminta serta menerima infak dan sedekah dari Anggota Himatif FMIPA Unpad yang kemudian dalam jangka waktu tertentu akan disalurkan kepada mayarakat yang membutuhkan.

Bubarin (Buka Bareng Informatika)

Mengadakan Buka Puasa bersama guna meningkatkan silaturahmi antar anggota Himatif FMIPA Unpad serta siraman rohani sebelum berbuka

Tadabur Alam

Mengunjungi tempat bernuansa alam, ceramah/mentoring, mengadakan outbond, dan beberapa perlombaan yang didalamnya juga ditanamkan nilai-nilai kerohanian