Berbagi dalam Satu Binary

Binary Untuk Negeri, Informatika Mengabdi

Hal yang menyenangkan ketika menjadi orang yang beruntung, bahkan lebih beruntung daripada yang lain adalah ketika bisa berbagi sesuatu dengan yang lain entah itu hal yang besar ataupun kecil dan melihat mereka menerimanya dengan senang hati.

3 Oktober lalu, Teman-teman Binary dari Teknik Informatika Unpad 2015 mengadakan sebuah acara “Dari Binary untuk Negeri”. Mereka mengunjungi SMP Muhammadiyah di Cibeusi untuk melakukan sebuah pengabdian, disana mereka melakukan pengajaran tentang pengenalan dan penggunaan Microsoft Office.

Alasan mengapa dilakukannya pengabdian ini awalnya memang karena tugas yang diberikan, tapi saat melewati hari demi hari melakukan persiapan dan kesadaran yang semakin muncul, ini bukan sekedar tugas, ini memang keharusan kita sebagai manusia yang harus saling membantu dan sebagai mahasiswa yang dipercayai sebagai agent of change, karena itu tumbuhlah semangat untuk bertemu dan berbagi dengan para murid di SMP Muhammadiyah ini dengan harapan kedatangannya nanti bisa membuat mereka menjadi siswa yang lebih baik lagi dalam bidang teknologi khususnya dalam penggunaan dan pemanfaatan perangkat lunaknya.

 

Hal pertama yang dilakukan adalah pergi mengunjungi SMP Muhammadiyah untuk menemui kepala sekolah dan menentukan tempat dimana acara akan dimulai. Saat menemui kepala sekolah dan salah satu staf kesiswaan SMP Muhammadiyah, beliau-beliau terlihat sangat senang saat diberitahu akan dilaksanakan pengabdian dari mahasiswa Teknik Informatika di sekolahnya.

Setelah disetujuinya pengabdian ini oleh kepala sekolah, para mahasiswa Teknik Informatika Unpad mulai melakukan persiapan agar pengabdian ini berjalan sesuai rencana dan bisa memberikan kesan yang baik bagi warga SMP Muhammadiyah.

Sekitar pukul 7 pagi, teman-teman Binary telah berada di SMP Muhammadiyah. Siswa siswi serta beberapa guru sedang bersiap untuk melaksanakan Solat Duha, sementara mereka melakukan persiapan terakhir sebelum acara benar-benar dimulai.

Serangkaian kegiatan pembukaan dilakukan saat para murid SMP Muhammadiyah telah duduk dikursinya masing-masing. Sebelum masuk ke acara inti, murid SMP Muhammadiyah diajak untuk bermain dan mellihat video tentang pengenalan Teknik Informatika.

Selesai bersenang-senang, Pemateri memasukki ruangan dan mulai membahas tentang pengenalan dan penggunaan Microsoft Word. Murid-murid terlihat sangat bersemangat memperhatikan pematerian dan mencoba mengetik sesuatu di lembar wordnya dan saat mereka kebingungan, ada seorang penanggung jawab siswa yang bisa membantunya. Selesai pematerian, dilakukan sebuah kuis berhadiah makanan ringan bagi siapa yang bisa mengetikkan apa yang ditampilkan di layar proyektor dengan cepat dan benar. Sontak para murid heboh berusaha menjadi pemenangnya.

Setelah pematerian mengenai Microsoft Word, mereka disuguhi pematerian selanjutnya mengenai Microsoft Excel. Dengan cara yang sama seperti pematerian sebelumnya, murid-murid dengan senang memperhatikan dan mempraktikan beberapa materi yang disampaikan lalu berusaha untuk mengerjakan kuis dengan cepat.

Beberapa terlihat kecewa saat mereka tidak berhasil mengerjakan kuis dengan tepat waktu tapi mereka semua kembali ceria saat divisi konsumsi masuk dan membagikan snack. Selesai mereka menghabiskan snacknya, mereka diajak untuk bermain lagi sebelum melanjutkan ke pematerian selanjutnya.

Microsoft Power Point, materi selanjutnya yang pada pertengahan pematerian terjadi sebuah kejadian lucu, yaitu pada saat salah seorang murid memasukkan foto dua orang anak Binary dan menambahkan bentuk hati diantara fotonya.

Selanjutnya setelah pematerian PowerPoint, MC mempersilahkan ketua pelaksana untuk melakukan penyerahan plakat pada perwakilan sekolah lalu menutup acara dan membagikan sertifikat pada setiap murid.

 

Kami menyadari bahwa kami sebagai mahasiswa tidak hanya dituntut belajar mendapatkan IPK yang bagus dan lulus mendapatkan kerja, disamping itu kami juga harus peduli terhadap masyarakat sekitar kita.