Competition Of Informatics (COIN)

Competition of Informatics atau disingkat (COIN) adalah sebuah kompetisi internal Himatif di bidang Informatika yang diselenggarakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan.

COIN menyelenggarakan 2 kategori lomba, yang pertama adalah Kategori Akademik yang terdiri dari Design, Competitive Programming, dan Short Movie. Selanjutnya adalah kategori Product Development yang terdiri dari Android App Development dan Web Development.

Tujuan dari diadakannya COIN sendiri adalah untuk memfasilitasi dan meningkatkan minat anggota Himatif dalam mengikuti kompetisi-kompetisi dalam bidang Informatika. Untuk kategori Product Development akan dimulai dari tanggal 27 Maret sedangkan untuk kategori Akademik tanggal 22 Maret.

Acara yang diselenggarakan bersamaan dengan Instagram ini menuai antusias dari tiap angkatan yang mengikuti perlombaan ini, ada yang berkolaborasi dengan lintas angkatan ada juga yang berlomba mengatas namakan angkatannya sendiri seperti lomba design, competitive programming dan short movie. Mereka berlomba dengan membawa nama baik angkatannya untuk diadukan. Ucapan selamat ditujukan pada angkatan 2013 yang berhasil menyabet 2 piala sekaligus. Pascal berhasil menyabet pada kategori Design yang di wakili oleh saudara Alvin Niza dengan judul design infographicnya membahas tentang “Pembayaran Via Mobile” dan tak luput Pascal pun berhasil menyabet juara kembali di kategori Short Movie. Namun sayangnya Pascal tidak berhasil mencetak hatrick setelah kategori Competitive Programming berhasil direbut oleh Binary yang diwakili oleh Adi Purnama.

Berbeda dengan kategori Akademik tadi, untuk kategori Product Development tidak mengatas namakan angkatan artinya para peserta bebas untuk memilih rekan satu timnya. Karya-karya terbaik yang disuguhkan para peserta lomba membuat para juri sulit untuk memilih yang terbaik dari yang baik namun yang namanya lomba harus menentukan siapa pemenangnya. Dengan keputusan yang sangat sulit akhirnya juri pun memilih PEDAS (Personal Digital Assistant for School) yang di buat oleh Fikri M Iqbal, Fazlur Rahman, Adi Purnama, dan M. Ihsan Kamil sebagai juara Web Development dan Aplikasi Belajar Menulis ciptaan Rio Nur Adriansyah, Fahmi Surya Nugraha, dan Agung Kurniawan sebagai juara Android Apps Development.

Aplikasi PEDAS yang berhasil keluar menjadi juara pada kategori Web Development

Aplikasi Ayo Belajar Menulis  yang berhasil menjuari kategori Android Apps Dvelelopment

Selamat bagi para juara! Semoga prestasi yang didapat bisa terus berkembang dalam perlombaan dan kesempatan lainnya.