Himatif Senior High School Competition

Himatif Senior High School Competition atau Hi-Scope adalah Kompetisi Web Design dengan tema “Melek Teknologi” yang diselenggarakan oleh Departemen Keilmuan Himatif FMIPA unpad. Kompetisi ini khusus untuk tingkat SMA/SMK/MA sederajat se-Jawa Barat. Sekolah yang mengikuti kompetisi ini diantaranya adalah SMAN 21 Bandung, SMK Negeri 1 Cimahi, SMA Negeri 1 Subang, SMK Negeri 1 Subang dan SMK Bakti Nusantara 666. Seluruh peserta Hi-Scope ini diharuskan membuat website bertemakan “Melek Teknologi” tersebut dan berisi inovasi teknologi untuk Indonesia kedepannya.

Dari total 7 Team dari 5 sekolah tersebut kemudian dikerucutkan lagi dengan diambil 3 terbaik dari babak penyisihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 September hingga 10 Oktober lalu. Ketiga team terbaik tersebut akan langsung bertanding dengan mempresentasikan hasil project mereka di Final yang dilaksanakan di Universitas Padjadjaran pada 17 Oktober 2015 kemarin.

Kriteria penilaian dari Kompetisi Web Design ini yaitu Design dari Websitenya itu sendiri, sebagus dan serapih apakah desain website yang telah dibuat. Lalu Konten, yaitu isi dari website serta inovasi yang diberikan beserta alasannya. Dan yang terakhir tentunya adalah Presentasi, yaitu penyampaian dan penguasaan materi atau Project yang telah dibuat.

Penilai atau Juri dari Hi-Scope ini seluruhnya adalah dari mahasiswa S1 Teknik Informatika UNPAD itu sendiri yang tentunya memang mempunyai pengalaman dan berkompeten dari bidang web Design, yaitu yang pertama adalah Jordy Saragih, yang sudah bisa menghasilkan 3 website dan tentunya didanai. Juri selanjutnya ada Edrick Yosafat, mahasiswa TI UNPAD yang merupakan Finalis GEMASTIK 2015 ini. Dan yang terakhir Yusuf Septiananda yang merupakan Ketua Himpunan Teknik Informatika.

Dan setelah dilaksanakan Final pada tanggal 17 Oktober lalu, telah didapatkan pemenang dari Hi-Scope 2015 ini, berikut rinciannya :

Juara 1 : BiOS 2.0 dari SMA Negeri 1 Subang, Hadiah Rp 700.000 + Trophy

Juara 2 : ALFHEIM dari SMK Negeri 1 Cimahi, Hadiah Rp 500.000

Juara 3 : BN Squad A dari SMK Bakti Nusantara 666, Hadiah Rp 300.000

Dengan diadakannya lomba ini, diharapkan untuk sekolah – sekolah lebih mempunyai kesadaran untuk mewadahi mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam bidang teknologi, lalu mengikuti kompetisi sehingga keahlian tersbut akan lebih terasah dan akan bermanfaat untuk teknologi Indonesia untuk harapan jangka panjangnya.

Dan semoga Hi-Scope ini dapat terus berlanjut ke depannya, menjadi kompetisi rutin tahunan dengan kategori yang lebih beragam lagi dan lebih baik lagi.