I3 & Path : Kompetisi Hardskill Anak Himatif

I3 – “Informatics Internal IT Competitions”

Himatif’s “Informatics Internal IT Competitions” atau disingkat i3-Comp adalah salah satu proker Himatif dari departemen Pengembangan Teknologi Informasi (PTI) yang merupakan bagian dari rangkaian lomba antar angkatan se-Himatif bersama dengan proker INSTAGRAM maupun PATH. Departemen PTI memiliki peran untuk memfasilitasi minat bakat keluarga Himatif dalam bidang IT sendiri, oleh sebab itu bidang-bidang yang dikompetisikan dalam i3-Comp ini merupakan bidang IT.  Dalam i3-comp ini terdapat 3 bidang lomba, di antaranya Android App, Web Development, dan Proposal Robot. Kompetisi internal Himatif dalam bidang IT ini memang merupakan yang pertama kali dilakukan. Sementara kompetisi-kompetisi bidang lain seperti olahraga, seni, game, maupun akademik sudah menjadi salah satu event tahunan Himatif.

i3-Comp sendiri bertujuan untuk menarik minat keluarga Himatif dalam bidang IT secara kompetitif. Seperti yang kita tahu minat kompetisi keluarga Himatif dalam bidang lain (non-IT) sangat tinggi. Sebut saja proker INSTAGRAM yang merupakan event kompetisi internal dalam bidang olahraga se-Himatif, antusiasme keluarga Himatif untuk proker tersebut sangat tinggi, masing-masing angkatan jelas ingin mendapat gelar juara umum dalam kompetisi bergengsi tersebut. Nah, Departemen PTI ingin menambah antusiasme keluarga Himatif selain pada kompetisi non-IT, namun juga pada kompetisi IT. Selain berkompetisi, peserta juga dapat belajar dan menambah pengalaman dalam dunia IT yang merupakan jurusan dan jenjang kita selaku mahasiswa Teknik Informatika.

Pada i3-Comp kemarin terdapat beberapa peserta untuk masing-masing angkatan pada tiap bidang lomba. Mereka telah berhasil membuat karya bidang IT yang luar biasa. Bahkan angkatan baru (2015) pun dapat kompetitif dalam kompetisi ini. Dalam bidang lomba Android app sendiri terdapat 3 buah tim. Dua dari angkatan 2015 yaitu Diktator App dengan ketua tim Rivaldi Ridhla Julviar, dan Kang Kung App dengan ketua tim Fatan Aufa. Satu tim lagi dari angkatan 2012 dengan App Kejar Beasiswa oleh Kang Faishal Wahiduddin dan Kang Riva Farabi. Sedangkan dalam bidang Web Development terdapat 2 tim dan keduanya dari angkatan 2014. Ada tim Museum Batik dengan ketua Teh Yunilucki Siswantari dan tim BITCOIN dengan ketua Kang Abdul Rahman. Dalam bidang Proposal Robot juga terdapat 2 tim dari angkatan 2014. Tim Batik Army Machines dengan ketua Kang Chafidz Maulana dan Tim Robot Helm P3K dengan ketua Kang Ikhwan Yoza.

Penilaian perlombaan sendiri dilakukan pada tanggal 21 Maret 2016 kemarin. Masing-masing tim mempresentasikan dan mendemokan karya mereka di hadapan juri. Setiap bidang lomba dinilai oleh juri yang berbeda. Kang Mohamad Raditya  dan Pak Adit sebagai juri bidang Android App, Kang Muhammad Miftah dan Kang Luqman Adibiarso sebagai juri bidang Web Development, juga Teh Deisna Rahmaningtyas  dan Teh Indah Maulidia sebagai juri bidang Proposal Robot.

4090190168455

Harapan besarnya adalah semangat dan antusiasme keluarga Himatif dalam bidang IT tidak pudar sampai di sini saja. Badan Kelengkapan Himatif dan Departemen PTI sendiri akan terus berusaha meningkatkan minat bakat Himatif dalam bidang IT. Menuju Teknik Informatika sesungguhnya. Informatika. Bersatu! Rio Nur Ardiansyah [Dept.PTI BE Himatif FMIPA Unpad]

PATH

Pekan Informatika Himatif adalah saah satu program kerja dari dept.keilmuan BE himatif FMIPA Unpad, yang juga merupakan rangkaian tahuan dari 3 cabang kalo tau ini ada instagram, I3 dan path. Dari keilmuannya sendiri memiliki peran untuk memfasiitasi dan mewadahi mahasiswa himatif untuk menjukan skil keinformatikaannya dalam berkompetisi salah satunya.  Oleh sebab itu PATH di buat lagi tahun ini.

Pada ini PATH melibatkan 4 angkatan dari 202-2015, dan path ini juga bertujuan untuk menaik dan mengasah skill dari temen-temen anggota himatif dalam bidang informatika(KODING DESIGN, PC-ASSEMBLING dan VIDEO EDITING). Untuk PC-ASSEMBLING sendiri dari tiap angkatan mengirim satu TEAM dengan komposisi 2 orang per TEAM, Untuk KODING DESIGN teap angkatan mengirimkan 1 Orang perwakilan, dan untuk VIDEO EDITING (SHORT MOVIE) tiap angkatan mengirimkan penanggung jawabnya.

15572

Alhamdulillah untuk PATH tahun ini untuk PC-ASSEMBLING dimenangkan oleh 2014 dan di susul peringkat 2 oleh 2013, untuk KODING DESIGN dimenangka oleh 2013 dan disusul oleh 2015, dan untuk VIDEO EDITING(SHORT MPVIE) dimenangkan oleh 2014, bersamaan dengan I3 2014 menjadi juara umum I3 dan PATH 2016. Chafidz maulana [kepala Dept.Keilmuan BE Himatif FMIPA Unpad]