Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

 

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI)  merupakan pematerian berupa cara menulis karya ilmiah yang diadakan oleh departemen litbang . Pematerinya terdiri dari 2 orang yaitu Dziban Naufal (Presiden Padjadjaran Intelectual Research 2017) dan Budi Kurniawan (Farmasi 2014) .

Saat acara berlangsung , seperti acara acara pada umumnya acara ini diawali dengan pembukaan  dan dilanjutkan pembacaan ayat suci al-qur’an serta dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib yaitu lagu Indonesia Raya, Hymne Unpad dan Mars Himatif .

Acara Pertama  dimulai dengan Talkshow,  di Talkshow ini pemateri bercerita sedikit pengalamannya dalam menulis karya ilmiah dan sharing kepada para pendengar . Talkshow berlangsung sangat menarik karena pengalaman pembicara membuat para peserta semakin berantusias untuk lebih menyimak keberlangsungan Talkshow ini, adu lempar pertanyaan dan jawaban dari moderator kepada pemateri membuat rangkaian Talkshow ini semakin menarik. Satu demi satu pertanyaan di lontarkan oleh moderator hingga tidak terasa rangkaian Talkshow pun akhirnya selesai puluhan peserta pun bertepuk tangan sebagai hadiah apresiasi untuk pembicara yang telah memberikan pengalaman berharganya pada acara PTKI ini. Suasana di ruangan mendadak berubah dengan antusias para peserta yang menggebu-gebu dengan diliputi rasa yang lebih bersemangat dari para peserta.

Akhirnya acara intipun dimulai acara inti dari PKTI yaitu pemberian materi. Pematerian yang pertama di suguhkan oleh Budi Kurniawan, beliau menyampaikan  secara garis besar yaitu apa yang harus dilakukan dalam mengkonsepkan karya tulis ilmiah . lalu peserta kembali menyantap suguhan dari pematerian yang kedua kali ini hidangan pematerian di suguhkan oleh Dziban Naufal yang berisi tentang metode metode dalam berkarya tulis ilmiah .

Rangkaian demi rangkaian acarapun selesai dengan di akhiri pemberian pelakat kepada pemateri dan moderator. Tak lupa diakhiri juga oleh bekal pengetahuan yang didapat oleh peserta yang di barengi rasa semangat untuk menulis. Terdapat suatu tujuan dari diadakannya PKTI itu sendiri yakni bertujuan  untuk memberikan motivasi dalam membuat karya tulis ilmiah dan mengetahui cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Akhirnya PKTI ini pun secara resmi selasai.