Seminar Nasional Informatika : “Inovasi Teknologi untuk Membangun Masyarakat Cerdas”

6Seminar Nasional Informatika 2016 yang bertema “Inovasi Teknologi untuk Membangun Masyarakat Cerdas” telah diselenggarakan pada 15 Oktober 2016 di Aula Moestopo Gedung 4 lantai 3 FIKOM Unpad. Seminar nasional ini adalah bagian dari rangkaian acara Ifest 2016 yang merupakan proker dari Departemen Humas Himatif FMIPA Unpad.
Pemateri pertama pada Seminar Nasional Informatika tahun ini adalah Dr. H. Anton Gustoni, M.Si – Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat. Kemudian, dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Setiaji, S.T., M.Si (Head of Jakarta Smart City). Bapak Setiaji adalah nahkoda di balik Jakarta Smart City yang memegang tanggung jawab luar biasa untuk menjadikan Jakarta sebagai kota teknologi yang mampu menyediakan pelayanan terbaik bagi warganya dari berbagai lapisan. Pemateri selanjutnya adalah Ir. Onno W Purbo. M.Eng, PhD. Beliau merupakan seorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi. Selain itu juga dikenal sebagai penulis, pendidik, pembicara seminar dan juga sebagai aktivis dalam upayanya memperjuangkan Linux. Pemateri keempat adalah Amiril Mu’minin, S.T – Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Telematika Diskominfo Bandung. Kemudian dilanjutkan oleh Iva Renald Tigana – Vice President Sales Qlue. Qlue adalah aplikasi yang dapat digunakan warga untuk melaporkan peristiwa yang terjadi di Jakarta, seperti banjir, tindak kriminal, kebakaran, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi ini, laporan atau keluhan warga akan direspon oleh pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti. Setelah itu ada Daniel Oscar Baskoro – Innovation Project Assistant di United Nations Pulse Lab. Beliau merupakan peraih top 10 Awards Indonesia ICT Award (INAICTA).

8
Setelah itu dilanjutkan dengan sesi pemakalahan oleh Sopyan Mulyana yang bertema Museum Virtual Kebudayaan Tradisional Indonesia dengan Teknologi Virtual Reality. Lalu sesi pemakalahan kedua oleh Muh. Miftah Al Rasyid – Rancang Bangun Aplikasi Penyisipan Pesan di Dalam Gambar Menggunakan Teknik Steganografi Dengan Metode Enhance LSB. Sesi pemakalahan ketiga oleh salah satu dosen dari prodi Teknik Informatika yaitu Drs. Ino Suryana, M.Kom yang membahas Kajian Numerik Ekosistem Kolam Ikan Sistem Tertutup Dalam Perancangan Model Optimisasi. Kemudian dilanjutkan oleh Amir Mujahiduddien dengan topik “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Sistem Gerak Tubuh Manusia”. Sesi pemakalahan berikutnya diisi oleh Luqman Adibarso – Program Aplikasi Temporal Data Mining Prediksi Curah Hujan Berbasis PHP & MySQL Menggunakan Model Autoregressive di Provinsi Jawa Barat. Kemudian sesi pemakalahan selanjutnya disambung oleh Indira Syawanodya – PMI Untuk SRentiment Analisis Product Review E-Commerce. Last but not least, sesi pemakalahan oleh Faishal Wahiduddin dengan topik pembahasan “Sistem E-Voting dalam Pemilihan Umum Presiden Mahasiswa menggunakan Akun Padjadjaran Authentication System”.

10